Contoh teks eksposisi bisa kita temukan dengan mudah dalam kehidupan sehari-hari, misalnya di surat kabar, media massa, hingga di internet. Buat kamu yang sedang, berikut Pendidikanpedia berikan kumpulan contoh teks eksposisi di berbagai tema.



Contoh Teks Eksposisi Singkat Tentang Hukum


Berikut satu buah karangan eksposisi singkat tentang hukum di Indonesia.


Pernyataan Pendapat (Tesis)

Hukum di Indonesia sebenarnya telah mengatur bagaimana para pelaku tindak kriminal dihukum berdasarkan undang-undang.

Tapi kenyataannya sering terjadi ketidakadilan hukum yang sangat merugikan berbagai pihak. Bisa dikatakan hukum tajam ke bawah tapi tumpul di hadapan para koruptor.

Argumentasi

Sudah menjadi rahasia umum bahwa para pelaku korupsi mendapatkan hukuman yang lebih rendah dibandingkan para pelaku kejahatan lainnya. Bahkan ada beberapa koruptor yang menerima fasilitas sekelas hotel mewah di penjara.

Tentunya kita sering sekali mendengar berita maling yang dihajar massa sampai tewas. Namun rasanya kita belum pernah dengar ada koruptor yang dihajar sampai mati. Di layar-layar televisi mereka malah bisa berbangga diri dengan menunjukkan senyumnya.

Penegasan Ulang

Hukum di Indonesia hanya tegas ketika berhadapan dengan rakyat kecil saja. Sebagai contoh kita bisa mengingat kasus nenek Asyani.

Hanya karena dugaan pencurian kayu, beliau terancam hukuman penjara sampai 5 tahun. Jelas-jelas tidak adil apabila dibandingkan dengan hukuman yang diterima para koruptor.





Contoh Teks Eksposisi Singkat Tentang narkoba


Berikut satu buah karangan eksposisi singkat tentang narkoba atau obat-obatan terlarang.

Pernyataan Pendapat (Tesis)

Dewasa kini semua orang sudah bisa mengakses segala informasi dan komunikasi dengan mudah.

Hanya dengan menggunakan smartphone dan jaringan internet, maka semua kehidupan yang ada di dunia bisa diakses.

Hal tersebut sayangnya juga berlaku untuk narkotika dan obat-obatan. Narkoba semakin mudah saja dibeli dan didapatkan dari orang-orang yang tak bertanggung jawab.

Argumentasi

Menurut sebuah penelitian, narkoba bahkan sudah mulai merambah ke anak-anak sekolah dasar. Sungguh memprihatinkan sekali generasi muda kita saat ini.

Fenomena ini terjadi bisa saja karena kurangnya pengawasan yang diberikan orang tua terhadap lingkungan anaknya.

Di samping itu, sebagian besar anak sekolah dasar zaman sekarang sudah mempunyai handphone sehingga bisa dengan mudah mengakses dunia luar.

Penegasan Ulang

Kasus peredaran narkoba tidak akan bisa berhenti, sebelum akarnya dibasmi terlebih dahulu. Kasus ini bisa saja berkembang pesat di lingkungan sekitar kita.

Tentu sangat disayangkan jika narkoba dapat menjarah anak-anak di bawah umur. Oleh karena itu, harusnya hukum bisa lebih tegas lagi kepada para pelaku kasus narkoba yang sudah ditangkap. Agar mereka jera dan tidak bermunculan lagi oknum-oknum selanjutnya.





Contoh Teks Eksposisi Tentang Covid 19


Saat ini kita sedang mengalami masa krisis akibat dari virus Corona atau Covid 19. Kamu dapat membantu orang-orang melawan pandemi Covid 19 ini dengan cara membuat teks eksposisi yang bermanfaat seputar Covid 19.

Sebagai referensinya, berikut contoh teks eksposisi tentang Covid 19 beserta strukturnya.

Pernyataan Pendapat (Tesis)

Sabun memiliki kandungan yang efektif untuk membersihkan kemudian membunuh berbagai jenis bakteri dan virus penyebab penyakit.

Dengan hadirnya kandungan tersebut, maka sabun juga efektif untuk membunuh virus Corona (COVID-19).

Argumentasi

Salah satu gejala virus Covid 19 yang dialami para korban terinfeksi adalah sesak nafas.

Dengan mencuci tangan menggunakan sabun secara rutin, maka dapat meminimalisir masuknya virus ke dalam saluran pernapasan melalui tangan.

Sehingga bisa mencegah virus masuk dan merusak saluran pernafasan.

Bahkan seorang ahli, Dr. Dan Corbett dari Queen’s School of Chemistry and Chemical Engineering menjelaskan bahwa mencuci tanagn dengan air dan sabun dapat membunuh virus Covid 19.

Beliau menjelaskan bahwa struktur sabun terdiri dari susunan gabungan antarmolekul yang bentuknya pin. Terdapat kepala hidrofilik yang mudah terikat dengan air pada masing-masing pin tersebut.

Dan juga ekor hidrofobik yang bersifat lebih menghindari air dan lebih terhubung dengan lemak atau minyak.

Susunan molekul-molekul ini akan mengapung secara bergantian sebagai unit soliter ketika mereka tersuspensi di dalam air.

Selanjutnya kumpulan molekul itu akan berinteraksi dengan molekul lain sehingga membentuk gelembung-gelembung kecil (misel).

Gelembung-gelembung tersebut mempunyai kepala yang mengarah ke luar dan ekor yang terselip di dalam.

Virus merupakan partikel berukuran nano yang mempunyai kelemahan berupa lipid bilayer (lemak).

Sabun mempunyai kemampuan untuk melarutkan membran lemak. Sehingga virus akan hancur dan mati atau lebih tepatnya tidak aktif karena kandungan lemak dalam sabun tersebut.

Hal tersebut juga berlaku untuk virus Covid 19. Maka bisa disimpulkan bahwa cara kerja sabun ampuh untuk menonaktifkan virus Covid 19.